Pelatihan Software merupakan salah satu program kerja pengenalan UKM Pengembangan Pengetahuan, terutama kepada mahasiswa baru Politeknik Negeri Semarang. Kegiatan ini berupa pelatihan software Autocad untuk jurusan teknik mesin, Proteus untuk jurusan elektro dan MYOB untuk jurusan akuntansi yang dilakukan secara daring melalui aplikasi tatap muka yaitu zoom meeting. Dalam acara ini juga dihadiri pembicaraan yang memberikan motivasi kepada para peserta pelatihan software.

Seluruh mahasiswa polines dapat ikut andil dalam kegiatan ini tetapi sangat diutamakan kepada mahasiswa baru tahun 2021 dan juga anggota aktif angkatan 26 maupun STO UKM Pengembangan Pengetahuan tahun 2021 – 2022. Menimbang tujuan utama dari Pelatihan Software adalah branding UKM Pengembangan Pengetahuan kepada mahasiswa baru Politeknik Negeri Semarang tahun 2021. Pendaftar dalam kegiatan ini sendiri secara keseluruhan berjumlah 428 peserta. Dengan rincian sebagai berikut yakni untuk pelatihan MYOB  110 peserta, untuk pelatihan Proteus 128 peserta, dan  140 untuk pelatihan Autocad yang mayoritas berasal dari mahasiswa tingkat 1 Politeknik Negeri Semarang. Pendaftaran kegiatan ini dilakukan melalui formulir pendaftaran online dalam bentuk google form yang disebarkan oleh panitia melalui media sosial.

Kegiatan Pelatihan Software dilaksanakan 2 kali pelatihan, yang terdiri Pelatihan Software 1 yaitu pelatihan MYOB, Autocad, dan Proteus, sedangkan Pelatihan Software 2 yaitu pelatihan desain Corel Draw. Pelatihan Software 1 itu sendiri diadakan selama dua hari sabtu dan minggu dari tanggal 09 – 10 Oktober 2021 dan Pelatihan Software 2 dilaksanakan tanggal 16 – 17 Oktober 2021 dimana dibagi menjadi tiga breakout room untuk setiap pelatihan software. Sebelum dilakukan pelatihan software, peserta diberikan link aplikasi software yang diberikan di setiap grup software untuk melakukan penginstalan terlebih dahulu. Dalam penginstalan software sendiri, panitia menyediakan link software disertai dengan video tutorial penginstalan serta didampingi oleh LO apabila terdapat kendala dalam penginstalan dan juga terdapat technical meeting sebelum pelatihan software berlangsung guna memastikan tidak ada kendala dalam penginstalan dan juga sosialisasi sistematika pelaksanaan pelatihan software.

Dalam pelaksanaan Pelatihan Software, para peserta didampingi oleh dua tentor dan satu LO di setiap software, Selain itu, para peserta diberikan modul yang berisi serangkaian step pengerjaan software tersebut. Selama pelatihan berlangsung, peserta diperkenankan bertanya apabila mengalami kesulitan dalam pelatihan software, baik saat acara pelatihan software ataupun di grup pelatihan software. Selain itu, untuk mengantisipasi peserta yang ketinggalan ataupun kendala sinyal saat pelatihan panitia menyediakan rekaman video selama pelatihan berlangsung sehingga peserta tetap dapat memahami materi yang dijelaskan saat pelatihan.

Di akhir pelatihan, peserta diberikan tantangan untuk mengerjakan soal sesuai software yang diikuti untuk mengasah pemahaman peserta mengenai pelatihan software yang telah dilaksanakan. Pemenang akan mendapat hadiah menarik dari panitia penyelenggara yang akan diumumkan pada H+3 acara.

Kategori: Artikel

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.